Inspektorat Daerah Kabupaten Bone Gelar Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2019

174
Inspektur Daerah Kabupaten Bone Melaporkan Kegiatan Pelaksanaan SPI Tahun 2019 di Hotel Novena Watampone, Senin 30 September 2019

Bertempat di Hotel Novena Watampone, Senin, 30 September 2019, Inspektorat Daerah Kabupaten Bone melaksanakan Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2019.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, M.M., Unsur Forkopimda, Kepala BPS, dan OPD terkait, di antaranya : Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kadis Kesehatan, Kabapenda, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kadis Perhubungan, Kabag Unit Pengadaan Barang dan Jasa, serta tamu undangan lainnya.

Inspektur Daerah Kabupaten Bone Drs.H.A.Islamuddin dalam laporannya mengatakan, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasarkan:

1. Surat Kemendagri No.903/10369/SJ Tanggal 26 November 2018 tentang Perihal Penyediaan Anggaran untuk Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas dalam APBD Tahun 2019;
2. Surat Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi RI Kepada Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Nomor 3041/LIT.05/10-15/03/2019 Tanggal 28 Maret 2019 Perihal Permintaan Kerja Sama Pelaksanaan SPI Tahun 2019;
3. Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Bone dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone Nomor 10 / MOU.PEMKAB BONE/ VIII / 2019 dan Nomor: B.129 / BPS / 7311 / VIII / 2019 Tanggal 27 Agustus 2019 tentang Pengumpulan Data dalam Rangka Survei Penilaian Integritas Tahun 2019 Komisi Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Bone
4. Perjanjian Kerja Sama antara Pemkab Bone dengan BPS Kabupaten Bone Nomor 08 / PKS – PEMKAB BONE / VIII / 2019 dan Nomor 105 / BPS / 7311 / VIII / 2019 tentang Pengumpulan Data dalam Rangka Survei Penilaian Integritas Tahun 2019 Komisi Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Bone; dan
5. Surat BPS Kabupaten Bone Nomor B.142 / BPS / 73.111 / IX / 2019 Tanggal 27 September 2019 perihal Permohonan Undangan Sosialisasi SPI Tahun 2019 Komisi Pemberantasan Korupsi.

Selain itu, Inspektur Drs.H.A.Islamuddin juga melaporkan tujuan Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2019, yaitu :
1. Untuk meningkatkan kesadaran risiko korupsi dan perbaikan sistem anti korupsi suatu instansi, serta untuk memetakan integritas dan capaian, serta upaya pencegahan korupsi pada lembaga-lembaga pemerintah, serta
2. Dalam rangka peningkatan penegakan integritas bagi penyelenggara pemerintah daerah.

Sementara sumber dana dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Tahun 2019 Inspektorat Daerah Kabupaten Bone.

Terakhir Inspektur Daerah Kabupaten Bone menyampaikan terima kasih kepada yang hadir utamanya kepada pihak-pihak termasuk panitia yang telah memberikan bantuannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2019 ini dibuka Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M. dengan narasumber dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone.

Sementara itu Wakil Bupati Bone menjelaskan bahwa kerangka penilaian integritas menggunakan kombinasi pendekatan persepsi dan pengalaman, baik itu langsung maupun tidak langsung mengenai organisasi publik dalam melaksanakan tugas. Dengan harapan dapat dilakukan secara transparan, akuntabel dan anti korupsi.

Narasumber dari BPS Kabupaten Bone mengutarakan, bahwa Ada enam lokus yang dilaksanakan. Pertama Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan terkhir Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupate Bone,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, responden internal masing-masing lokus yakni Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemudian, responden eksternal yakni pengguna layanan dari masing-masing enam lokus tadi dengan masa penggunaan layanan satu tahun atau enam bulan. Responden ahli antara lain Inspektur Inspektorat, Sekretaris Daerah, Bupati, dan Wakil Bupati.

Bisa memberikan jawaban yang jujur apa adanya, tentunya harus seobyektif mungkin. Karena ini merupakan kegiatan yang sifatnya persepsi dari masing-masing petugas responden tadi, untuk bisa memberikan jawaban yang ril di lapangan.

Adapun paparan Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2019 dapat di KLIK DI SINI

BAGIKAN