Inspektorat Daerah Kabupaten Bone Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2018

125

Inspektorat Daerah Kabupaten Bone, melaksanakan Gelar Pengawasan Daerah Tahun Anggaran 2018 di Gedung PKK Jln.A.Mappanyukki, Watampone, Rabu 18 Desember 2018

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bone, Drs.H.Amar Ma’ruf, M.Si. menuturkan gelar pengawasan daerah untuk mengawal Bone menjadi daerah yang baik dan bersih.

Kami akan senantiasa menjadi garda terdepan dalam mengawal tata pemerintahan yang baik di Kabupaten Bone,” ungkapnya.

“Pengawasan adalah sarana pengendalian tapi bukan untuk mrnakut-nakuti, ada pengawas daerah yang memungkinkan membimbing kegiatan-kegiatan keuangan lebih transparan dan transparan,” tegasnya.

Sementara Bupati Bone mengatakan, berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama 3 tahun terakhir yaitu Tahun 2016, tahun 2017, dan 2018 yang telah diaudit oleh BPK-RI, Pemerintah Kabupaten Bone telah memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal ini tentunya berkat perjuangan kerja keras dan kerjasama semua pihak mulai dari Pimpinan SKPD sampai dengan pelaksana.

Dengan diperolehnya Opini WTP menunjukan bahwa pengelolaan keuangan pada Pemerintah Kabupaten Bone sudah semakin baik namun kita tidak boleh terlena dan masih harus melakukan perbaikan-perbaikan yang menjadi catatan-catatan guna mempertahankan opini WTP yang telah kita dapatkan.

Oleh karena itu, Bupati minta kepada seluruh Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone untuk terus mengawal dengan baik dan serius dalam melaksanakan pengelolaan keuangan, sehingga Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bone di tahun-tahun mendatang dapat diraih kembali.

Mengingat begitu pentingnya peran pengawasan, Bupati menegaskan, pengawasan yang dilaksanakan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) bukanlah upaya untuk mengungkapkan kesalahan dan menjatuhkan SKPD/ Unit kerja tertentu.

Pengawasan justru berfungsi untuk membantu SKPD/ Unit kerja agar pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan pada setiap SKPD/unit kerja senantiasa berada pada jalur yang benar. Untuk itu setiap SKPD dan Unit kerja agar bersikap proaktif terhadap kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh APIP.

Apabila menjumpai permasalahan dalam pelaksanaan tugas, segera koordinasikan dan konsultasikan kepada APIP. Sampaikan secara jelas permasalahan yang dihadapi, agar langkah yang dilakukan senantiasa sejalan dengan ketentuan yang ada.

Hadir Bupati Bone Dr.H. A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si. Wakil Bupati Bone, Drs.H.Ambo Dalle,M.M., pimpinan SKPD, Kejaksaan, BPKP Provinsi, Inspektur Sulsel, BPK RI Provinsi Sulsel, serta tamu undangan lainnya.

BAGIKAN